• Selasa, 31 Januari 2023

Kunjungan Anies Baswedan di Aceh Dihambat, NasDem: Izin Lokasi Dicabut Tanpa Alasan Jelas

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:30 WIB
Ribuan massa hadiri acara kunjungan Anies Baswedan di Ciamis, Jawa Barat, Minggu 20 November 2022 (Instagram @aniesbaswedan)
Ribuan massa hadiri acara kunjungan Anies Baswedan di Ciamis, Jawa Barat, Minggu 20 November 2022 (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Kegiatan safari politik yang dilakukan Calon Presiden (Capres) Partai NasDem Anies Baswedan mulai mendapat hambatan. Salah satunya dengan adanya pencabutan izin penggunaan lokasi yang akan dijadikan tempat Anies mengapa para pendukungnya. Hal itu terjadi dalam kunjungan Anies ke Aceh yang rencananya dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 2-3 Desember 2022.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali mengatakan pada kunjungan tersebut Anies direncanakan bakal bertemu beberapa tokoh masyarakat. Selanjutnya Anies akan memberikan pidato kebangsaan di Taman Ratu Sultanah Safiatuddin di Banda Aceh. Namun tiba-tiba izin penggunaan lokasi tersebut dicabut oleh Pemda setempat.

Anies akan ketemu tokoh masyarakat, kasih pidato kebangsaan. Cuma masalahnya di daerah banyak kesulitan,” kata Ali.

Saat memberikan keterangan Rabu 30 November 2022, Ali menuturkan dirinya dihubungi oleh DPW NasDem Aceh soal pencabutan izin tersebut. Berdasarkan laporan yang diterima, tidak ada penjelasan dari Pemda mengapa izin tiba-tiba dicabut.

“Banyak sekali perizinan, ini kan penggunaan lapangan, tiba-tiba sudah dikeluarkan pemda, tiba-tiba dicabut tanpa alasan yang jelas. Hambatan itu terus didapatkan dari daerah,” ujarnya.

Meski demikian, Ali menegaskan agenda safari politik Anies ke Aceh tidak batal. Anggota Komisi III DPR RI ini menambahkan Anies sudah sering dihambat saat akan melakukan kunjungan ke berbagai daerah. Ali mencontohkan saat Anies berkunjung ke Jawa Barat, ada pihak yang menekan Bupati agar mempersulit proses perizinan.

“Kalau kami sudah punya agenda ke sana, biar saja masyarakat yang menilai,” ujarnya.

Ali pun berharap negara memfasilitasi anak negeri yang hendak menggelar suatu acara. Apalagi safari politik Anies bertujuan memperkenalkan calon pemimpin ke masyarakat.

“Jadi negara harus turut serta memfasilitasi anak-anak negeri, pemda tidak usah latah, terlalu paranoid, kemudian seakan-akan mempersulit semua urusan di daerah,” tutur Ali.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali (nasdem.id)

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X