• Minggu, 29 Januari 2023

Dalami Kasus Suap Eks Rektor Unila, KPK Bakal Panggil Ketum PAN dan Ketua Fraksi PDIP

- Jumat, 2 Desember 2022 | 09:00 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Watyutink.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyatakan pihaknya terus mendalami kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila). Menurut Ghufron, KPK juga bakal memanggil pihak-pihak yang diduga ikut terlibat dalam kasus tersebut, termasuk para pejabat.

Saat berbicara kepada awak media di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 1 Desember 2022, Ghufron mengataka KPK akan memanggil Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto. Pasalnya nama keduanya disebut dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang, Bandar Lampung, Rabu 30 November 2022.

"Berkaitan dengan kasus yang lain, yang Pak Karomani. Pihak-pihak, Utut, Zulhas dan lain-lain sebagaimana disebutkan, disebutkan juga menitipkan dan kemudian juga memberikan. Ini semua sedang oleh KPK akan didalami," ujarnya.

Ghufron menjelaskan dalam persidangan tersebut, mantan Rektor Unila, Karomani mengatakan Zulkifli Hasan atau Zulhas dan Utut telah menitipkan kerabatnya agar diterima menjadi mahasiswa baru di Universitas Lampung. Ghufron memastikan, pihak-pihak yang disebutkan Karomani di persidangan bakal dipanggil KPK.

"Pihak-pihak ini juga yang disebutkan tersebut oleh teman-teman sidik KPK sudah dipanggil. Jadi bukan hanya menunggu setelah disidangkan, karena sebelumnya tentu mereka sudah menyampaikan di proses penyidikan, oleh KPK juga sudah dipanggil," kata Ghufron.

Mantab Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember ini menjelaskan apa yang disampaikan seorang saksi dipersidangan hanya bersifat keterangan dan informasi. Namun jika didukung dengan alat bukti lain seperti keterangan saksi lain atau alat bukti lain akan menjadi fakta hukum.

"Itu akan dikembangkan oleh teman-teman KPK," tutur Ghufron.

Sementara itu, Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto memastikan pihak-pihak diduga tersangkut kasus di Unila akan dipanggil. Terutama mereka yang telah menitipkan kerabatnya agar diterima menjadi mahasiswa baru Unila dengan memberikan sejumlah uang.

"Kalau memang nanti ada alat buktinya, pemberian dan penerimaan, ya kita bisa permasalahkan, kita bisa gali lebih dalam," tegas Karyoto.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X