• Minggu, 29 Januari 2023

Bantah Klaim Indonesia, Bola Piala Dunia 2022 Ternyata Buatan Pakistan dan China

- Jumat, 2 Desember 2022 | 15:00 WIB
Al Rihla, bola resmi buatan Adidas untuk Piala Dunia 2022 di Qatar (Instagram @al_rihla_2k22)
Al Rihla, bola resmi buatan Adidas untuk Piala Dunia 2022 di Qatar (Instagram @al_rihla_2k22)

Watyutink.com - Jaringan media Bloomberg menegaskan bola resmi kejuaraan sepak bola FIFA World Cup (Piala Dunia) 2022 (Piala Dunia 2022) di Qatar bukan buatan Indonesia. Jaringan media yang berpusat di New York, Amerika Serikat (AS) itu mengatakan bola Al Rihla yang digunakan di Piala Dunia 2022 dibuat di Pakistan dan China.

Dalam keterangan yanh dikutip pada Kamis 1 Desember 2022, Bloomberg menerangkan bola Al Rihla kemungkinan berasal dari Sialkot, Pakistan. Disebutkan bahwa kota di wilayah Punjab itu memang dikenal sebagai salah satu pusat produksi bola.

Sekitar dua per tiga bola sepak bola di dunia menurut Bloomberg di buat di Kota Sialkot. Hampir 1.000 pabrik bola terdapat di kota tersebut, salah satunya adalah Adidas, perusahaan alat olah raga yang membuat bola Al Rihla.

Bola buatan Sialkot mempunyai keunggulan berupa lebih stabil dan aerodinamis. Pasalnya bola itu dibuat secara manual oleh sekitar 60.000 orang menggunakan jahitan tangan. Proses pengerjaannya pun membutuhkan waktu berjam-jam dan melelahkan.

Dibandingkan jahitan menggunakan mesin, bola dengan jahitan tangan lebih dalam dan memiliki tegangan lebih besar. Bola tersebut juga melalui pengujian ketat agar sesuai standar FIFA, seperti uji kebulatan, penerbangan, pantulan, dan pergerakan.

Penjelasan Bloomberg itu sekaligus membantah klaim Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia yang mengatakan bola Al Rihla dibuat di Madiun, Jawa Timur. Dalam keterangan sebelumnya, Kemlu menyebut PT Global Way Indonesia (GWI) yang berlokasi di Madiun mendapat kepercayaan dari Adidas untuk membuat bola Al Rihla.

"PT GWI merupakan ahli di bidang pembuatan bola,” ujar Kemlu dalam keterangannya yang dikutip dari situs kemlu.go.id.

Diterangkan bahwa desain bola Al Rihla terinspirasi dari Dhow Boat tradisional dan memiliki pola solid berwarna biru, merah dan kuning. Desain ini mewakili lanskap Jkta Doha, Qatar. Selain itu, Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Sementara itu Director Media Relations Adidas, Stefan Pursche membenarkan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan PT GWI dari Indonesia. Namun bukan untuk membuat bola resmi Piala Dunia 2022. Adidas menyebut PT GWI hanya membuat bola replika yang menjadi souvenir selama penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X