• Minggu, 29 Januari 2023

Bukan Ganjar Pranowo, KIB Tegaskan Bakal Usung Airlangga Hartarto sebagai Capres

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 07:00 WIB
KIB memprioritaskan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden (Capres) (Instagram @airlanggahartarto_official)
KIB memprioritaskan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden (Capres) (Instagram @airlanggahartarto_official)

Watyutink.com - Teka-teki siapa figur yang bakal diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai Calon Presiden (Capres) mulai terbuka. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan KIB akan memprioritaskan figur internal sebagai Capres yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Saat memberikan keterangan usai pertemuan dengan pimpinan partai anggota KIB, yakni Partai Golkar, PPP dan PAN di di restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 30 November 2022, pria yang biasa disapa Zulhas itu menyebut KIB akan mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Capres.

“Kalau ketua umum partai politik enggak berani nyapres terus bagaimana? demokrasi kita bagaimana? Oleh karena itu prioritas ya tentu Golkar sebagai pemenang pemilu nomor dua, Pak Airlangga prioritas ya pantas layak pemenang pemilu nomor dua untuk jadi capres,” kata Zulhas.

Menteri Perdagangan (Mendag) ini menambahkan selain Airlangga, ketua umum partai yang lain juga masuk dalam nomonasi Capres yang diusung KIB. Figur yang dimaksud Zulhas adalah dirinya sendiri dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Mardiono.

Meski demikian Zulhas menyatakan, KIB juga tidak menutup pintu untuk figur-figur lain di luar koalisi. Terlebih KIB menurut Zulhas bakal menerima anggota baru. Namun ia kembali menegaskan figur internal tetap menjadi prioritas utama. Jika diurut, prioritas Capres yang akan diusung KIB adalah, pertama Airlangga Hartarto, kedua Zulkifli Hasan dan ketiga Mardiono.

“Tentu ada juga yang teman-teman dari luar yang sudah beredar nama-nama tentu itu akan menjadi pertimbangan bagi kita. Tapi prioritas tentu kedua partai” ujar Zulhas.

Terkait sosok Capres yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Zulhas menilai banyak orang yang berambut putih dengan kerutan di wajah.  Mantan Menteri Kehutanan ini pun menyebut dirinya dan Ketua Umum partai anggota KIB lainnya juga berambut putih dan punya kerutan di wajah.

“Banyak lihat aja tuh pak Airlangga kerutan semua tuh wajahnya ya, Pak Mardiono juga. Kalau saya enggak rambut putih tapi jenggotnya putih, lebih sakti,” kata Zulhas.

Penegasan Zulhas soal pencapresan Airlangga seolah mematahkan kabar yang menyebut KIB bakal mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X