• Minggu, 29 Januari 2023

Dapat Persetujuan DPR, Laksamana Yudo Margono Resmi Jadi Panglima TNI Baru

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:00 WIB
Laksamana Yudo Margono befoto bersama Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan  (Instagram @tni_angkatan_laut)
Laksamana Yudo Margono befoto bersama Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan (Instagram @tni_angkatan_laut)


Watyutink.com - Laksamana Yudo Margono resmi menjadi Panglima TNI yang baru menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Hal ini setelah Komisi I DPR RI menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test, Jumat 2 Desember 2022 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Hasilnya, Komisi I DPR RI menyetujui Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu diangkat menjadi Panglima TNI.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid dalam keterangannya menyatakan semua fraksi menyetujui Laksamana Yudo menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan segera memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022. Meutya menerangkan semua fraksi juga menyetujui pemberhentian Jenderal Andika Perkasa.

"Semua fraksi menyetujui pemberhentian dengan hormat kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Lalu, menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI yang baru," kata Meutya.

Sementara itu dalam Laksamana Yudo berjanji akan menjalankan tugasnya sebagi Panglima TNI dengan baik. Mantan Panglima Komando Armada I ini memastikan nantinya tidak akan ada lagi prajurit yang bertindak arogan kepada masyarakat.

"Apabila nantinya, saya mendapat kepercayaan jadi Panglima TNI, maka saya akan kerahkan segala daya upaya untuk menjamin tidak ada lagi anggota TNI yang melakukan hal-hal tak terpuji serta bersikap arogan.

Yudo menegaskan TNI akan selalu berada di tengah masyarakat. TNI akan salalu siap melayani masyarakat.

"TNI selalu siap menjalani tugas yang diberikan negara untuk kepentingan rakyat sesuai kewenangan dan kepercayaan yang diberikan," kata Yudo.

Usia menggelar uji kepatutan dan kelayakan, anggota Komisi I DPR langsung melakukan veifikasi faktual dengan mendatangi kediaman Laksama Yudo di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Sebanyak 11 anggota Komisi I datang berkunjung pada Jumat 2 Desember 2022 petang.

"Komisi I DPR melakukan verifikasi faktual ke rumah. Ada 11 orang nanti," kata Laksamana Yudo.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X