• Minggu, 29 Januari 2023

Pj Gubernur DKI Setuju Ormas Kumpulkan Infak Masjid di Jakarta untuk Disumbangkan ke Cianjur

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:00 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Jadi Sorotan, Jokowi: Saya Tahu Rekam Jejaknya! (Instagram @herubudihartono)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Jadi Sorotan, Jokowi: Saya Tahu Rekam Jejaknya! (Instagram @herubudihartono)

Watyutink.com - Penjabat Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dikabarkan telah menyetujui usulan kegiatan pengumpulan dana oleh sejumlah organisasi masyarakat (Ormas). Dana yang akan digunakan untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat itu diambilkan dari uang infak Jumat yang dikumpulkan semua masjid di Jakarta.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta KH Munahar Muchtar dalam keterangannya Jumat 2 Desember 2022 menjelaskan nantinya semua masjid di Jakarta harus menyetorkan 50 persen uang hasil infak Jumat ke rekening ormas Islam, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, MUI dan sebagainya.

"Ada ide dari kawan-kawan untuk donasi (gempa) Cianjur, gabungan seluruh ormas yang ada di DKI Jakarta, semua ormas dari DMI, NU, Muhammadiyah, semua lah. Jadi menggabungkan donasi-donasi agar supaya dikumpulkan bersama," ujar Munahar.

Nanti akan dibagikan surat imbauan kepada setiap masjid yang ada di DKI Jakarta terkait penyetoran 50 persen uang infak yang disalurkan ke rekening perwakilan Ormas. Munahar mengimbau pengurus masjid diseluruh Jakarta berharap pengurus masjid melaksanakan imbauan tersebut lantaran sudah mendapat persetujuan Penjabat Pj Gubernur DKI Jakarta.

“Kami mengimbau kepada seluruh masjid-masjid yang ada di DKI Jakarta dalam dua Jumat ini akan diupayakan untuk bisa menyisihkan 50 persen dari kotak amal untuk Cianjur. Itu maklumatnya sudah kami keluarkan, satu pintu, ada rekeningnya,“ jelas Wakil Ketua Tanfidziah PWNU DKI Jakarta ini.

Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar (Instagram @khmunahar)

Munahar menerangkan penarikan uang infak Jumat akan dilakukan sebanyak 2 kali. Setelah donasi terkumpul, pihaknya akan menyampaikan langsung uang infak tersebut ke Bupati Cianjur untuk disalurkan kepada masyarakat yang menjadi korban gempa bumi.

"Nanti Insyaallah akan dilepas dari Balai Kota ini. Jadi semua rombongan nanti, diiringi dengan ormas-ormas bantuan yang ada kami akan berangkat bersama-sama menyampaikan donasi langsung ke Cianjur, diterima oleh Bupati cianjur, juga ormas islam yang ada di Cianjur, sehingga ada kebersamaan," tuturnya

Munahar menambahkan pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Hadir juga dalam pertemuan ini Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI, Syamsul Maarif dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Makmun Al Ayyubi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X