• Minggu, 29 Januari 2023

Copot Marullah Matali, Heru Budi Ganti Sekda DKI dengan Orang Pilihan Jokowi

- Minggu, 4 Desember 2022 | 09:00 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono  (Instagram @herubudihartono)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Instagram @herubudihartono)

Watyutink.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencopot Marullah Matali dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Marullah digeser menjadi Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata. Selanjutnya Heru Budi menunjuk Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto sebagai Penjabat (Pj) Sekda DKI Jakarta.

Saat memberikan keterangan kepada awak media, Sabtu 3 Desember 2022 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat mengatakan nantinya tugas Marullah akan lebih luas. Selama menjadi Sekda, menurut Heru Budi, Marullah hanya mengurusi masalah intetnal pemerintahan.

"Deputi itu kan kalau melihatnya lebih luas, sehingga Pak Deputi, Pak Marullah bisa lebih luas lagi dan lebih lincah. Selama ini, kan kalau menjadi Sekda itu tugasnya menyelesaikan masalah internal secara teknis, sehingga kalau Deputi itu kan sekali lagi untuk bisa lebih luas," kata Heru Budi.

Namun mantan Wali Kota Jakarta Utara ini tidak menjelaskan secara rinci masalah internal secara teknis yang dimaksudnya.

Sementara itu Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan nantinya jabatan Sekda DKI Jakarta akan diisi pejabat yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prasetyo menerangkan Pemprov DKI Jakarta akan mengajukan nama-nama calon Sekda melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Selanjutnya Presiden Jokowi akan menentukan siapa yang menjadi pejabat definit Sekda DKI Jakarta.

Eks Sekda Pemprov DKI Jakarta, Marullah Matali

Berdasarkan Pasal 15 UU Nomor 29 tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Sebagai Ibu Kota NKRI, jabatan sekretaris daerah diangkat dan diberhentikan oleh presiden atas usul gubernur.

Namun saat berbicara di Balai Kota, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022, politisi PDIP ini tidak mengetahui secara pasti siapa-siapa nama yang diusulkan sebagai pengganti Marullah Matali.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X