• Selasa, 31 Januari 2023

BPOM Umumkan 172 Obat Sirup Aman dari Penyebab Gagal Ginjal Akut

- Minggu, 4 Desember 2022 | 13:30 WIB

Watyutink.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) kembali mengumumkan daftar obat-obatan yang dinyatakan bebas dari cemaran bahan kimia berbahaya.

Dalam keterangan tertulis yang di sampaikan BPOM, Jumat 2 Desember 2022, terdapat 172 obat sirup yang diproduksi oleh 22 perusahaan farmasi di Indonesia yang dinyatakan aman dari bahan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). Kedua bahan kimia tersebut diketahui adalah penyebab penyakit gagal ginjal akut yang beberapa saat lalu menyerang ratusan anak di tanah air.

Daftar obat tersebut adalah hasil verifikasi pengujian bahan baku obat per 18 hingga 29 November 2022. Ketimbang daftar sebelumnya yang dirilis pada 17 Desember 2022, terdapat tambahan 46 merek obat sirup yang aman dikonsumsi, namun tetap harus sesuai aturan pakai.

"Verifikasi dilakukan berdasarkan pemenuhan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku setiap kedatangan dan setiap wadah, serta metode pengujian yang mengikuti standar/Farmakope terkini," tulis BPOM dalam keterangannya.

Daftar 172 obat yang aman dikonsumsi adalah:

Actifed sirup dus 1 botol plastik 60 ml (PT Sterling Products Indonesia)

Actifed plus cough suppressant dus 1 botol plastik 60 ml (PT Sterling Products Indonesia)

Actifed plus expectorant sirup dus 1 botol plastik 60 ml (PT Sterling Products Indonesia)

Aerius sirup dus 1 botol plastik 60 ml (PT Oganon Pharma Indonesia)
Alloris sirup dus 1 botol 60 ml (PT Sanbe Farma)

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X