• Selasa, 31 Januari 2023

PKS Tegaskan Belum Ada Komunikasi dengan Gerindra Soal Kemungkinan Rujuk

- Senin, 5 Desember 2022 | 09:00 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu  (Instagram @syaikhu_ahmad_)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Instagram @syaikhu_ahmad_)

Watyutink.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu buka suara soal kemungkinan bekerjasama dengan Partai Gerindra pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Jika terjadi hal itu PKS seolah 'rujuk' dengan Gerindra. Pasalnya pada Pemilu 2019 saat kedua partai bersama-sama mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres).

Saat berbicara Minggu 4 Desember 2022, Syaikhu mengatakan dinamika politik masih terus berkembang. Sehingga segala kemungkinan bisa saja terjadi. Menurut Syaikhu yang perlu dikedepankan adalah semua elemen politik bisa memunculkan sifat kenegarawanan.

"Ya mungkin (rujuk dengan Gerindra) kita kan melihat dinamika politik masih terus berkembang. Kita juga ingin bahwa ke depan ini berbagai elemen-elemen politik bisa semakin memunculkan sifat kenegarawan nanti," ujar Syaikhu.

Meski demikian Syaikhu menegaskan hingga saat ini PKS belum berkomunikasi dengan Gerindra tentang kemungkinan rujuk. Pernyataan tersebut disampaikan Syaikhu sebagai tanggapan atas ucapan politisi Gerindra Fadli Zon soal kemungkinan terjalin kembali kerjasama PKS dan Gerindra.

"Belum ada (komunikasi dengan Gerindra), saya tidak tahu persis apa yang dia ucapkan ya. Nanti saya cek dulu," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon berharap partainya bisa kembali rujuk dengan PKS. Hal itu disampaikan saat acara pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai Ketua Harian DPP Partai Gerindra. Pada acara yang berlangsung di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis 1 Desember 2022 itu tampak dihadiri Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsy.

Fadli yang tengah berbincang dengan Aboe mengatakan sejal dulu sudah akrab sengan pria yang biasa disapa Habib Aboe Bakar itu. Fadli menyebut komunikasi politik berjalan dinamis. Hal memunculkan harapan Gerindra-PKS bisa bersama-sama lagi.

"Dari dulu juga akrab. Pertanyaannya mudah-mudahan kita (Gerindra dan PKS) bisa bergabung lagi bersama-sama," kata Fadli.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Instagram @fadlizon)

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X