• Minggu, 29 Januari 2023

Megawati Beri Isyarat Dukung Prabowo, Pengamat: Nasib Puan Bisa Mengenaskan

- Senin, 5 Desember 2022 | 13:30 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani dan Prananda Prabowo menerima kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya Jalan Teuku Umar, Jakarta Rabu 24 Juli 2019 (Antara)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani dan Prananda Prabowo menerima kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya Jalan Teuku Umar, Jakarta Rabu 24 Juli 2019 (Antara)

Watyutink.com - Nasib pencapresan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dinilai makin tidak jelas. Terlebih muncul anggapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan tanda-tanda bakal mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres). Hal itu disampaikan pengamat politik Saiful Anam saat berbicara Jumat 2 Desember 2022 di Jakarta.

Saiful mengatakan dukungan Megawati terhadap Prabowo diisyaratkan melalui Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa saat lalu. Saat itu  BG - panggilan Budi Gunawan - mengatakan Prabowo memiliki kriteria pemimpin yang disebutkan Jokowi, yakni memikirkan rakyat.

Saiful menuturkan selama ini BG dikenal dekat dengan Megawati. Sehingga tidak salah jika pernyataan BG itu bisa ditafsirkan sebagai isyarat dukungan Presiden RI ke-5 itu kepada Prabowo Subianto.

Jika Megawati benar-benar mendukung Prabowo, Saiful menyebut nasib Puan Maharani makin tidak jelas. Rencana mengusung Ketua DPR RI itu sebagai kontestan dalam kompetisi memperebutkan kursi RI 1 akan semakin kabur

"Kalau Megawati benar-benar setuju terhadap pencalonan Prabowo, maka nasib Puan makin tidak jelas," ujar Saiful.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) ini menambahkan dukungan Megawati itu dipastikan bakal mengganjal keinginan Puan maju sebagai Capres 2024.

"Keinginan Puan untuk menjadi capres bisa terganjal apabila Megawati telah merestui dan memberikan dukungan kepada Prabowo," ujarnya.

Nasib Puan bahkan bisa mengenaskan jika Prabowo nantinya memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya Prabowo diprediksi bakal kembali mencalonkan diri sebagai Capres pada Pilpres 2029. Artinya Puan harus menunggu 2 periode ke depan jika ingin menjadi penguasa Istana Merdeka.

"Bahkan bisa mengenaskan kalau ternyata Prabowo terpilih sebagai Presiden, karena yang pasti dia akan berusaha maju kembali untuk periode berkutnya," tutur Saiful.

Pengamat politik Saiful Anam (Instagram @saifulanamlaw)

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X