• Minggu, 29 Januari 2023

PPKM Diperpanjang Hingga 9 Januari 2023, Perayaan Natal dan Tahun Baru di Jakarta Akan Disesuaikan

- Selasa, 6 Desember 2022 | 09:00 WIB
Pemerintah kembali memperpanjang PPKM hingga Senin 9 Januari 2023
Pemerintah kembali memperpanjang PPKM hingga Senin 9 Januari 2023

Watyutink.com - Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang penerapan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia. Baik di Jawa-Bali maupun wilayah lainnya, PPKM diperpanjang selama 4 pekan, sejak Selasa 6 Desember 2022 hingga Senin 9 Januari 2023.

Keputusan tersebut diambil guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Ketentuan soal PPKM tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 50 dan 51 Tahun 2022 yang diteken Mendagri M Tito Karnavian pada Senin 5 Desember 2022.

Dirjen Bina Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengatakan salah satu alasan PPKM diperpanjang akan tibanya musim libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Pada momen akhir tahun itu biasanya warga akan melakukan perjalanan ke luar kota. Guna mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM di seluruh Indonesia.

"Hari ini kami sampaikan bahwa PPKM Jawa Bali dan luar Jawa Bali akan tetap diperpanjang untuk menekan laju kenaikan Covid-19," kata Safrizal.

Saat memberikan keterangan tertulis Selasa 6 Desember 2022, Safrizal menerangkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia saat ini berada di Level 1. Hal itu berdasarkan sejumlah indikator yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Safrizal menambahkan meski berstatus PPKM Level 1, masyarakat tetap bisa beraktivitas normal. Namun harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Walaupun seluruh aktivitas dapat beroperasi 100 persen, kami tegaskan kembali kepada setiap pengelola gedung ataupun panitia kegiatan untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, termasuk kepada seluruh masyarakat yang akan beraktivitas di pusat perbelanjaan, hingga pada saat nonton bareng perhelatan Piala Dunia 2022," kata dia.

Sementara itu Pemprov DKI Jakarta menyatakan pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal 2022 akan dilaksanakan dengan menyesuaikan aturan PPKM. Hal itu disampaikan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Marullah Matali, usai rapat pimpinan (rapim) di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin 5 Desember 2022.

Marullah mengatakan perayaan Natal adalah kegiatan yang bertujuan menjaga kerukunan umat beragama. Kegiatan tersebut dipastikan bakal melibatkan banyak orang. Itulah sebabnya pelaksanaan perayaan Natal harus disesuaikan dengan aturan pemerintah terkait pelaksanaan PPKM.

"Kita akan lihat nanti ada instruksi atau ada keputusan dari kementerian dari pemerintah pusat yang terkait dengan ini (aturan perayaan Natal). Tentu akan menjadi pertimbangan gitu ya," ungkap Marullah.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X