• Minggu, 29 Januari 2023

NasDem Syaratkan Prabowo Tak jadi Capres Jika Ingin Bergabung, Gerindra Tegas Tolak

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:00 WIB
Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie (Instagram @guschoi_)
Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie (Instagram @guschoi_)

Watyutink.com - Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie mengaku gembira jika Partai Gerindra benar-benar bergabung dengan Koalisi Perubahan. Pria yang biasa disapa Gus Choi ini menilai tepat tindakan PKS mengajak Gerindra bergabung dalam Koalisi Perubahan.

Gus Choi yakin bergabungnya Gerindra akan menambah kekuatan Koalisi Perubahan yang saat ini beranggotakan Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS. Sebagai kekuatan besar, Gerindr akan  membantu koalisi memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Tentu saja Nasdem ikut menggelar karpet merah dengan ucapan welcome dan marhaban ahlan wasahlan kepada siapa pun dan partai apapun yang gabung dengan Koalisi Perubahan,” kata Gus Choi.

Namun politisi asal Gresik, Jawa Timur ini memberikan syarat agar Gerindra bisa masuk Koalisi Perubahan. Syaratnya adalah tidak boleh mengusung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres). Hal ini lantaran semua anggota Koalisi Perubahan telah sepakat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

“Kalau Gerindra gabung dengan Koalisi Perubahan, maka Pak PS (Prabowo Subianto) tidak nyalon lagi. Kalau Koalisi Perubahan berarti capresnya Mas Anies, bukan Pak PS (Prabowo Subianto),”ujarnya.

Saat berbicara Senin 5 Desember 2022, Gus Choi pun menawarkan opsi Gerindra mengusung salah satu kadernya menjasi Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang bakal mendampingi Anies Baswedan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum Bappilu Partai NasDem ini tidak menjawab saat ditaya kemungkinan Gerindra mengajukan Sandiaga Uno sebagai Cawapres Anies Baswedan. Gus Choi menyatakan tidak masalah siapa pun yang bakal diajukan sebagai Cawapres, asalkan sesuai dengan 3 kriteria yang diajukan Anies Baswedan.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Instagram @sufmi_dasco)

Sementara itu Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dengan tegas  menolak ajakan bergabung dengan Koalisi Perubahan. Dasco mengatakan Rapat Pimpinan Nasional Rapimnas Partai Gerindra pada 12 Agustus 2022 telah menganatkan mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X