• Minggu, 29 Januari 2023

Anies Dilaporkan ke Bawaslu karena Dituding Curi Start Kampanye, Warganet: Daftar Saja Belum

- Kamis, 8 Desember 2022 | 13:00 WIB
Warga Kota Padang antusias menyambut kedatangan Anies Baswedan meski diguyur hujan  (Instagram @aniesbaswedan)
Warga Kota Padang antusias menyambut kedatangan Anies Baswedan meski diguyur hujan (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Calon Presiden Capres Partai NasDem Anies Baswedan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) oleh sekelompok orang yang menamakan diri Aliansi Pemuda Cinta Demokrasi (APCD). Anies dilaporkan atas tuduhan mencuri start kampanye dalam kegiatan safari politik yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

APCD menilai kegiatan safari politik Anies yang difasilitasi Partai NasDem ke berbagai daerah adalah aktivitas kampanye di luar jadwal dan tahapan yang telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Koordinator APCD, Husni Jabal dalam keterangan tertulisnya, Kamis 8 Desember 2022 mengatakan laporan telah ditayangkan pada Rabu 7 Desember 2022 kemarin.

"Alhamdulillah bukti berkas 3 rangkap sudah lengkap dan sudah kami serahkan," ujar Husni.

Laporan ke Bawaslu menurut Husni adalah bentuk kepedulian pihaknya terhadap demokrasi di Indonesia. Hal itu sebagai kontribusi dalam menjaga marwah jalannya Pemilu yang sehat aman dan damai. Terlebih tindakan melaporkan ke Bawaslu dilindungi oleh Undang-Undang (UU).

Husni menambahkan tindakan Anies Baswedan dan Partai NasDem sangat mengkhawatirkan. Tindakan mencuri start kampanye menurutnya bisa menjadi preseden buruk bagi tegaknya demokrasi di tanah air.

"Sangat mengkhawatirkan jika ini dibiarkan, maka akan jadi preseden buruk bagi demokrasi di negeri kita," tuturnya.

Husni pun meminta Bawaslu sebagai institusi penyelidik dan penindak pelanggaran dalam Pemilu 2024 berani menegakkan hukum sesuai aturan yang berlaku.

"Bawaslu harus bertindak dengan mengusutnya. Cari formula atau metode agar masalah ini tidak terulang. Apa yang dilakukan Anies dan Nasdem bisa menimbulkan kecemburuan kandidat capres, caleg dan partai lain," demikian Husni menambahkan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X